Tuesday, November 13, 2018

Jepang & Yakyu (Baseball)

KOSHIEN!!

Kalau kalian pernah nonton Anime atau Dorama tentang Anak SMA dan ekstrakulikuler Baseball, pasti tau apa itu Koshien. Adalah turnamen baseball yang digelar 2x dalam 1 tahun (musim semi dan musim panas) antar Sekolah Menengah Atas di seluruh Jepang. Turnamen ini sangat populer dan menjadi mimpi semua tim baseball SMA yang ada di Jepang.

Kenapa disebut Koshien? Anggapan gw adalah karena final turnamen ini di selenggarakan di Home Base salah satu Tim Professional Baseball Jepang, Hanshin Tigers...yaitu Hanshin Koshien Stadium, Maybe.

Gw menyukai baseball masih boleh dibilang baru, itupun karna gw nonton Anime Ace No Diamond kira-kira 2010-2011. Anime nya sendiri sebenarnya sudah release sejak 2008. Begitu terpengaruhnya ama anime itu, gw ampe nontonin semua anime dan dorama yang berbau Baseball (dorama sebut saja Rookies). Well, pada dasarnya gw juga suka anime sports lain nya juga. Tapi, cuma baseball yang juga gw ikutin (baca : Tonton) liga professional Jepang nya.

Di Jepang, Baseball atau bahasa Jepang nya, Yakyu termasuk olah raga yang sangat populer bahkan dibandingkan sepak bola. Mayoritas anak-anak di Jepang, sejak kecil bahkan sudah banyak yang bercita-cita menjadi pemain baseball. Di sekolah mulai dari SMP pun, ekstrakulikuler baseball pun menjadi yang paling favorit diantara siswa-siswa nya.

Gw ngga tau kenapa olah raga ini bisa di gemari di Jepang, tapi yang pasti olah raga yang terkadang membosankan ini, justru menarik saat di selenggarakan di Jepang.

Di Jepang, liga professional baseball dikenal dengan sebutan Nippon Professional Baseball (NPB) yang terbagi dalam 2 liga yang disebut Central League dan Pacific League. Masing-masing liga tersebut terdiri dari 6 team yang akan bersaing untuk memperebutkan gelar juara seri liga dan gelar juara seri Jepang setiap tahun nya.

Central League terdiri dari :
1. Yomiuri Giants
2. Tokyo Swallows Yakult
3. Yokohama DeNA Baystars
4. Hiroshima Toyo Carp
5. Hanshin Tigers
6. Chunichi Dragons

Pacific League terdiri dari :
1. Fukuoka Softbank Hawks
2. Saitama Seibu Lions
3. Chiba Lotte Marines
4. Tohoku Rakuten Golden Eagles
5. Hokkaido Nipponham Fighters
6. Orix Buffaloes

Kenapa gw lebih menyukai Baseball Jepang, sementara ada Baseball Amerika yang jauh lebih populer dan yang paling penting, Amerika lah yang membawa Baseball untuk diperkenalkan di Jepang, Kenapa??

Pertama, gw ngga suka Major League karna kebanyakan pemain nya....atau hampir semua pemainnya doyan "Spitting" atau meludah. Gw itu paling ngga suka sama yang jorok-jorok kayak gitu dan pemain Jepang jarang banget yang melakukan itu. Itu sebab nya mereka lebih memilih mengunyah permen karet saat bertanding untuk mengurangi produksi air liur berlebihan (katanya).
Lainnya, pemain Jepang juga emosi nya lebih terkontrol...saat pemukul berhasil mencetak home run atau saat terkena dead ball, jarang ada yang marah-marah atau ngamuk.

Alasan lainnya Simple, karna itu Jepang!!

Bahkan saat liburan ke Jepang oktober lalu, gw sempatkan untuk datangi 8 (karna keterbatasan waktu dan jarak) dari 12 home base stadium masing-masing team.

Zozo Marines Stadium, Chiba (Chiba Lotte Marines)

Tokyo Dome, Tokyo (Yomiuri Giants)

Meiji Jingu Stadium, Tokyo (Tokyo Yakult Swallows)

Nagoya Dome, Nagoya (Chunichi Dragons)

Metlife Dome, Tokorozawa, Saitama (Saitama Seibu Lions)

Kyocera Dome, Osaka (Orix Buffaloes)



Yahuoku Dome, Fukuoka (Fukuoka Softbank Hawks)

Mazda Zoom Zoom Stadium, Hiroshima (Hiroshima Toyo Carp)

Sayang ngga kesampean ke Koshien yang merupakan tempat keramat para klub baseball SMA di Jepang, maybe next time.

Gw bisa dibilang adalah pecinta Jepang, begitu suka nya gw sampai-sampai punya keinginan untuk bisa tinggal di Jepang. Gw suka Jepang mulai dari dunia hiburan nya (dorama, anime, musik), artisnya, penyanyi nya, atlet nya, produknya, makanannya sampai orang-orang nya. Cowo Jepang bisa gw bilang adalah tipe pria idaman gw. Tapi, kenapa olahraga nya justru gw memilih Baseball?

Ada beberapa poin lainnya yang membuat pertandingan baseball di Jepang itu menarik. Hal ini gw buktikan setelah menonton langsung pertandingan baseball di Jepang. Poin tersebut adalah :

THE CROWD
Gw sudah 2x menonton pertandingan baseball di Jepang dengan 2 situasi yang berbeda. Situasi disini maksud nya adalah :

Situasi 1 : Marines vs Eagles
Adalah pertandingan terakhir musim 2018 di babak penyisihan yang mana, sudah ketahuan team yang masuk 3 besar dan team yang juara untuk liga pacific (saat itu Saitama Seibu Lions menjadi Pacific League Champion). Itu artinya pertandingan Marines vs Eagles lebih seperti pertandingan hiburan atau mungkin kasar nya ngga penting karna ngga ngaruh juga mengingat hasil pertandingan tersebut tidak akan merubah klasemen. Tapi, penonton nya tetap ramai terlebih di area supporter team home and away. Padahal team manapun yang menang udah ngga ngaruh juga ya. Team yang bertanding pun juga tetap sama-sama ngotot pengen menang (mayan buat nambah poin dan rekor kemenangan). Tapi namanya juga olah raga nasional ya, teteup rame penonton nya.




Situasi 2 : Hawks vs Lions
Saat itu adalah game penentuan di Climax Series 2018. Penentuan apakah Hawks bisa menutup pertandingan sebagai wakil Pacific League dan juga penentuan apakah Lions bisa memberikan perlawanan dan menghalangi jalan Hawks.
Pertandingan ini bisa dibilang Big Match dan as expected, tentu saja penonton nya juga sangat ramai.




Inti nya, Big Match atau Bukan....pertandingan baseball di Jepang akan selalu ramai. 

HOME or AWAY?


Sistem liga baseball di Jepang (Ga tau kalo di Amerika) itu sama kayak sepak bola, ada pertandingan Home (Kandang) dan Away (Tandang). Dan khusus supporter masing-masing team yang spesial paduan suara nya a.k.a yang nyanyi-nyanyi yel yel juga disediakan area khusus (cheering section) sesuai dengan team yang di bela masing-masing. Kenapa? mungkin sebagian dari kamu ada yang tau kalau sistem pertandingan baseball di setiap inning (babak), masing-masing team akan bergantian melakukan offense dan defense. Nah, fungsi kenapa supporter yang khusus doyan nyanyi2 ini di sediakan di tempat khusus (biasa nya di area Home Run) sesuai masing-masing team adalah, karena setiap kali masing-masing team dalam posisi offense, maka para supporter akan bergantian juga melakukan nyanyian yel yel team tersebut dan yang paling penting, mereka sportif. Jadi kalo ngga lagi giliran team mereka, ya mereka akan duduk anteng menikmati jalan nya pertandingan. Selama 2 kali gw nonton baseball di Jepang, gw juga baru ngeh kalo bukan cuma ada yel yel untuk team, tapi masing-masing pemain juga punya theme song loh, dan theme song itu dinyanyikan oleh para supporter saat si pemain sedang dalam box pemukul (Batter Box). Uniknya, theme song nya juga enak didengar loh hehehe.


Oh iya, ada tempat khusus untuk Supporter bukan berarti penonton yang lain ngga boleh memihak atau ikut nyanyi-nyanyi juga loh. Ada 1 pengalaman gw nonton, gw duduk bersebelahan dengan seorang cewe (nonton sendirian) yang memakai atribut tim tandang dan duduk di antara para pendukung tim Home yang memang mendominasi tempat duduk. Doi cuek aja tetep ikut nyanyi-nyanyi pas team kesayangannya lagi offense dan penonton yang lain pun tidak merasa terganggu. Ini pun juga disebut sebagai TOLERANSI.




 FOOD FESTIVAL & BEER GIRL

Menonton pertandingan baseball di Jepang juga bisa sekalian wisata kuliner loh. Setiap sudut stadium baseball selalu penuh berjejer stand stand yang menjual berbagai macam makanan...benar-benar berbagai macam, tapi khusus makanan khas Jepang ya...jangan harap nemu nasi padang. Mulai dari hot dog, takoyaki, bento sampai ramen pun dijual, dan jangan khawatir karna makanan tersebut bisa kamu bawa ke tempat duduk dan kamu nikmati sambil menonton pertandingan, bahkan kalau kamu membeli ramen pun, sama mangkok2nya juga dibawa.

Satu lagi yang unik adalah BEER GIRL! Adalah penjual bir (tapi juga ada yang jual soft drink), yang umum nya adalah wanita muda kawaii yang selalu mondar mandir di dalam stadium menawarkan bir dengan membawa serta tangki bir nya dengan gendongan di punggung. Lumayan buat para cowo cowo buat sekalian cuci mata.


LUCKY 7


Tau kan kalau dalam pertandingan baseball itu terdiri dari 9 inning (babak). Di Jepang, setiap kali memasuki inning ke 7, wajib yang nama nya menyanyikan Fight song masing-masing team. Biasa nya, setiap team yang akan melakukan offense di inning ke 7 diberikan waktu lebih kepada para supporter nya untuk menyanyikan lagu theme song team tersebut. Uniknya lagi, mereka menyanyikan lagu tersebut sambil mengayun-ayunkan balon dengan warna masing-masing team dan melepaskan balon tersebut ke udara saat lagu selesai.

Jadi, ngga heran setiap akhir inning ke 6 atau pertengahan inning 7 kamu akan lihat orang-orang sibuk meniup balon, bukannya menonton pertandingan. Dan balon nya juga ngga tanggung-tanggung punya desain dan logo team khusus yang bisa di beli dengan harga 600 yen (4 pcs).

Supporter juga melepaskan balon di akhir pertandingan saat team kesayangan mereka menang loh.

LOYALTY

Sama seperti fans nya, mayoritas pemain baseball di Jepang lebih loyal terhadap tim yang mereka bela. Jadi di baseball Jepang tidak ada bursa jual beli pemain walaupun perpindahan pemain dari team ke team tetap ada. Jadi ngga ada tu yang nama nya pemain dengan harga termahal. 

Di penghujung musim setiap team juga akan membuat upacara perpisahan (intai ceremony) untuk pemain nya yang akan pensiun. Upacara perpisahan itu biasa nya diselenggarakan setelah pertandingan terakhir di musim terakhir pemain yang akan pensiun tersebut berakhir.
Di akhir upacara, pemain yang pensiun tersebut akan di (bingung penyebutan nya apa) dilempar-lempar ke udara gitu loh.

THE PLAY AND THE RULES


Ada beberapa perbedaan teknis pertandingan baseball antara Jepang dan Amerika. Bahkan ukuran bola yang digunakan juga berbeda. Salah satu teknis yang gw sukai dari sistem pertandingan baseball di Jepang adalah pertandingan bisa berakhir seri (maksimal sampai inning ke 15 atau tidak boleh melewati pukul 10 malam). Kebayang donk, nonton 9 inning aja bisa memakan waktu kurang lebih 4 jam, pasti cape donk kita nonton nya kalau pertandingan nya ngga selesai-selesai cuma karna seri...apalagi yang main.


Ada juga cara bermain dan aturan lain nya yang membuat pertandingan baseball di Jepang lebih menarik, seperti :
1. Pitcher wajib mengangkat topi nya saat bola lemparan nya mengenai pemukul (dead ball) yang menandakan kalau si Pitcher tidak dengan sengaja melempar bola tersebut mengenai si Pemukul.
2. Pemain Baseball Jepang doyan melakukan sacrifice bunt demi mengantar pelari mereka maju 1 atau 2 base
3. Sekalipun Ace, jangan harap bisa melihat pitcher kesayangan lo main di game secara berturut-turut. Umumnya rotasi mereka ada 6 pemain. Jadi ya pitcher di Jepang main 6 atau 7 hari sekali (hal ini hanya berlaku untuk starting pitcher ya, bukan substitute).
4. Pemain Jepang sangat suka melakukan aksi mencuri base, sehingga kebanyakan Catcher di Jepang juga sering melakukan pick off.

Jadi itulah beberapa alasan kenapa gw menyukai Baseball Jepang.

No comments:

Post a Comment