Wednesday, November 21, 2018

My Favourite Japanese Baseball Team & Players

Tahun ini gw memang lagi tergila-gila sama yang nama nya Baseball Jepang berkat salah satu perusahaan penyiaran di Jepang yang menyediakan aplikasi tv Jepang yang bisa kita tonton secara streaming dimanapun dan kapanpun.

Gw sudah membahas sedikit tentang liga professional baseball di Jepang pada post berjudul Japan & Yakyu. Jadi di pos ini gw akan langsung straight to the point based on the subject.


TEAM :

One and Only ....FUKUOKA SOFTBANK HAWKS
Merupakan team yang basis nya berada di Fukuoka dan dimiliki oleh perusahaan Softbank Group Corp sejak 2005. Team yang sudah menjuarai seri Jepang sebanyak 9 kali ini saat ini di manajeri oleh Kimiyasu Kudo dan merupakan salah satu team liga pacific.

Kenapa gw suka Hawks? Thanks to one of their pitcher...Kodai Senga!
Saat itu gw nonton NPB All stars 2017 yang mana Senga merupakan salah satu pitcher yang membela team pacific. Senga punya kekuatan melempar bola yang cepat dan akurat...akurat maksud nya bukan selalu menghasilkan strike ya. 
Selain Senga, Hawks juga banyak mengirimkan pemain nya di laga saat itu dan mereka semua pemain yang bagus, pikir gw.
Hawks bisa dibilang adalah tim yang paling banyak mengirimkan pemain nya ke laga All Stars atau ke tim nasional. Sebut saja Yuki Yanagita dan Matsuda Nobuhiro yang paling sering main untuk tim nasional, serta tahun ini Hawks juga mengirimkan 5 pemain ke tim Nasional.

Jadilah gw menjadi penggemar HAWKS sampai saat ini

PLAYERS :
Nah, kalau untuk pemain...gw universal hehehe
Gw punya pemain favorit hampir untuk semua posisi dan team, berikut list nya :

CATCHER
1. Motohiro Shima (Tohokum Rakuten Golden Eagles)

Gw boleh bilang Hawks adalah team favorit gw, tapi pemain paling favorit gw justru bukan berasal dari team tersebut.
Shima, pemain kelahiran '84 ini adalah pemain pertama yang menarik perhatian gw saat nonton All Stars tersebut, karena dari semua posisi pemain dalam baseball...gw sangat mengagumi posisi Catcher dan Shima berhasil memainkan peran nya sebagai Catcher berkharisma dan ditambah lagi, he's also a Captain in his team. Ketika membela Jepang pada tahun 2015 pun, Shima juga ditunjuk sebagai Captain loh.
Lalu, kenapa gw tidak membela team Shima? karna dari semua pemain di tim itu, hanya Shima yang dominan saat itu mewakili team nya. Jadilah team tersebut tidak cukup sihir nya buat menarik perhatian gw.

Tapi untuk pitcher...jejeran pitcher Eagles justru lebih menarik perhatian gw ketimbang jejeran pitcher Hawks.

2. Seiji Kobayashi (Yomiuri Giants)

Karna ganteng. Kobayashi juga merupakan salah satu Catcher terbaik Jepang loh.

3. Kenya Wakatsuki (Orix Buffaloes)

Apa ya alasan nya gw suka Wakatsuki? gw pun bingung....mungkin karna dy Catcher? tapi banyak catcher lain nya yang lebih bagus. Tapi wakatsuki adalah catcher yang punya potensi untuk menjadi yang terbaik di Jepang menurut gw.

PITCHER
1. Kodai Senga (Fukuoka Softbank Hawks)

Karna lemparannya yang cepat, pembawaan nya yang tenang dan dia juga jago bikin penonton jantungan kalau lihat dia beraksi di mound.

Mungkin banyak yang akan bilang, kalau soal lemparan cepat...Jepang punya Shohei Ohtani yang kini membela LAA, tapi kenapa Senga?

Sering Senga mengirim 1 atau 2 pemukul lawan ke base dengan kondisi tanpa out (situasi ini terbilang riskan karna bisa jadi peluang lawan menghasilkan poin). Tapi dengan modal ketenangan nya tadi, Senga hampir tidak membiarkan 1 pelari pun balik ke home bahkan maju 1 base pun.

Lemparannya juga kadang sering menghasilkan home run untuk lawan, tapi dia buka tipe yang panik karna dia akan membayarnya dengan memberikan lemparan yang lebih sulit.

He's also his team Ace.

2. Takayuki Kishi (Tohoku Rakuten Golden Eagles)

Karna dia memiliki rekor ERA terbaik (terbukti menjadi NPB ERA champion) walaupun memang rekor nya masih belum bisa sebaik pitcher Eagles pendahulu nya, Masahiro Tanaka yang mungkin punya rekor ERA terbaik sepanjang sejarah yaitu 1.27.

Rekor W/L Kishi pun sangat baik.



3. Takahiro Norimoto (Tohoku Rakuten Golden Eagles)

Jagonya bikin pemukul Strike Out and he was also one of Japan Ace

4.  Matsui Yuki

Karna dia LeftHanded

5. Takahiro Shiomi

Karna dia LeftHanded

6. Wataru Karashima

Karna dia LeftHanded

7. Azuma Katsuki

Karna dia LeftHanded

Kebanyakan Pitcher favorit gw memang lefthanded, karna menurut gw tipe catcher lefthanded itu lemparannya cukup menyulitkan. Manajer tim biasa nya akan fokus menurunkan starter yang memukul dengan Right Handed saat pitcher lawan nya Lefty, sedangkan kalau pitcher lawannya Righty, ngga terlalu dipermasalahkan soal starternya.

INFIELDERS
1. Ryosuke Kikuchi (Hiroshima Toyo Carp)

Karna dia adalah pemain yang sangat lincah dan jarang melepaskan bola. Kikuchi juga merupakan salah satu 2nd basemen Jepang terbaik saat ini, terbukti dengan perannya yang sampai saat ini masih belum tergantikan di tim nasional. Kikuchi juga mendapatkan penghargaan golden glove award sebanyak 5x berturut-turut sejak 2013-2017.

2. Hayato Sakamoto (Yomiuri Giants)

Merupakan salah satu Short Stop terbaik yang dimiliki Jepang dan punya rekor main di all stars paling banyak (8 kali). Sakamoto juga ibaratnya prince charming nya Giants dan juga merupakan salah satu pemain yang bisa disebut jenius dan pemukul yang sangat baik mengingat rekor RBI nya juga 3 terbaik di dalam team nya.

Buat gw, pemain yang punya rekor RBI bagus itu lebih baik ketimbang yang punya rekor Home Run bagus. Better to send 2 or 3 of your team mates back home than hitting a solo home run kan (ya beda kasusnya kalau lo bisa mencetak home run dengan kondisi base loaded yang hampir jarang gw lihat terjadi, tahun ini gw cuma lihat hal seperti ini terjadi saat pemain Lions, Kuriyama berada di boks pemukul). Rekor AVG nya juga selalu bagus dari tahun ke tahun yang membuktikan kalau Sakamoto merupakan salah satu good hitter nya Jepang.

3. Tetsuto Yamada (Tokyo Swallows Yakult)

I wouldn't say that he's the best 2nd baseman (tapi mungkin adalah 2nd basemen kesayangan Sakamoto), but I would say he's the best young baseball player in Japan now. Being triple three player for 3 times bukan sekedar gelar yang dia raih dengan mudah. Mempunyai rekor RBI yang sangat bagus bahkan jika dibandingkan dengan Sakamoto, Yamada merupakan bakal calon pemain baseball terbaik jepang di masa depan, no...he's already the best player now.

Dan alasan lainnya gw menyukai Yamada adalah keahlian nya mencuri base.

4. Kenta Imamiya (Fukuoka Softbank Hawks)

Merupakan calon shortstop terbaik Jepang penerus Sakamoto. Pemain gesit yang juga punya pukulan-pukulan yang juga bagus.

5. Taisei Makihara (Fukuoka Softbank Hawks)

Adalah calon 2nd basemen terbaik di team nya meneruskan 2nd basemen terbaik pendahulu nya Yuichi Honda. Menurut gw, Makihara adalah 2nd baseman terbaik saat ini karna dia memiliki kelincahan dan kegesitan yang dibutuhkan oleh seorang 2nd Basemen. Makihara hampir jarang melakukan kesalahan atau membiarkan bola lepas dari penglihatan nya. Pukulannya juga termasuk bagus dengan rekor AVG diatas 300.

OUTFIELDER
1. Yuji Kaneko (Saitama Seibu Lions)

Lions memang punya Outfielders terbaik di Jepang, Akiyama....tapi gw menyukai Kaneko Yuji bukan karna dia adalah seorang outfielder, tapi lebih sebagai seorang Switch Hitter.

Di Jepang, Switch Hitter sepertinya tidak terlalu umum karna tipe permainan Jepang yang lebih fokus ke defense ketimbang offense. Switch Hitter adalah pemain baseball yang bisa memukul dari box sebelah kanan dan kiri.

Sekarang, umumnya pitcher tidak lagi di dominasi oleh pelempar dengan tangan kanan. Di Jepang ada banyak pitcher yang juga kidal. Switch Hitter ini mungkin muncul dari inisiasi bahwa bola akan lebih mudah di pukul jika pemukul memukul dengan tangan yang berlawanan dengan pitcher.

Lions juga punya Switch Hitter pendahulu nya yang baru saja pensiun tahun ini, Matsui Kazuo yang juga merupakan pemain Jepang yang pernah merasakan menjadi arena Major League.

Satu lagi yang gw suka dari Kaneko adalah, dia merupakan tipe pemain yang sangat agresif dan suka mencuri base. 

2. Seiji Uebayashi (Fukuoka Softbank Hawks)

Karna ganteng dan kalem, trus pukulan nya juga bagus dan sering menghasilkan Home Run dan RBI.

3. Yuki Yanagita (Fukuoka Softbank Hawks)

Yanagita adalah salah satu pemain dengan pukulan terbaik untuk liga pacific saat ini dengan rekor home run yang sering dia hasilkan. 

4. Tanaka Kazuki (Tohoku Rakuten Golden Eagles)
Merupakan Switch Hitter muda lainnya dengan rekor pukulan yang bagus.

5. Suzuki Seiya (Hiroshima Toyo Carp)

Pemain yang bisa dibilang gokil dan juga punya rekor pukulan yang bagus, Seiya termasuk mesin pencetak homerun nya Carp.

Demikianlah deretan pemain favorit gw. Selain pemain-pemain yang gw sebut diatas, semua pemain HAWKS juga gw suka, tapi yang urutannya masih setelah pemain-pemain yang gw sebutkan di atas.

No comments:

Post a Comment