Monday, March 23, 2015

TIPS BERHEMAT SAAT LIBURAN KE JEPANG (PART 2 - END)

Melanjutkan topik gw dengan judul yang sama, masih ada 2 tips lagi nih yang mau gw bagi-bagi biar minna-san bisa berhemat pengeluaran saat jalan-jalan ke Jepang

4. JR PASS (Perlu atau ngga)
    Kalo ke Jepang, mesti deh banyak denger orang-orang atau bahkan google yang menyarankan buat beli JR Pass. apa itu JR Pass? JR Pass itu semacam kartu transportasi yang diterbitkan oleh pihak Jepang bagi wisatawan asing yang hendak berlibur ke Jepang sebagai Kartu sakti. kenapa disebut kartu sakti? karena JR Pass itu mengcover hampir semua moda transportasi di Jepang yang berada dibawah JR Group (Japan Railways)...ada Kereta, Bus, dan Ferry. Kartu ini bisa digunakan untuk naik transportasi (yang sudah ditentukan) diJepang secara tidak terbatas. Kartu ini sendiri memiliki berbagai tipe yang bisa kamu pilih...mulai dari hari (7 hari, 14 hari atau 21 hari) sampai Kelas (Ordinary atau Green Class).

Perlu ga beli JR Pass?
Nah, pergi ke Jepang itu kudu diperhitungkan dulu segala sesuatunya, sebelum memutuskan untuk beli JR Pass. inget loh, sesakti-saktinya JR Pass...tetep aja ada kelemahannya.
Apa kelemahannya ? JR Pass hanya berlaku untuk semua moda Transportasi dibawah lambang JR...jadi kalau kamu mau naik Subway (Tokyo Metro dan TOEI) tetep harus bayar. trus kalau kamu ke Kyoto (yang kebanyakan tempat wisatanya dilalui bus) juga ngga bisa pake JR Pass. JR Pass juga bisa kamu gunakan buat naik Shinkansen sepuasnya (Kecuali Nozomi dan Mizuho)
Nah, kalau kamu berencana ke Jepang dengan rute PP di bandara yang sama dan berencana untuk pergi keluar kota (misalnya PP dari Osaka, tapi mau jalan-jalan ke Tokyo atau kota lainnya), maka kamu disarankan beli JR Pass. karena kalau kamu naik shinkansen di Jepang, untuk rute terpendeknya aja lumayan loh harga nya, apalagi kalau mau naik Shinkansen dari Osaka-Tokyo yang bisa ampe Rp 1,500,000 an buat sekali jalan aja loh...nah, kalo kamu bolak-balik udah 3 jutaan. lumayan banget kan kalo beli JR Pass.
Tapi kalau kamu ternyata pulang tidak melalui bandara yang sama ketika kamu tiba. maka gw ngga menyarankan buat beli JR Pass.
Trus kalo gw mau ke kota lain yang lumayan jauh gmn?
Bus Malam lah jawabannya (akan dibahas dibawahnya)
Tapi kalau kamu pengen tetep ngerasain naik Shinkansen, tapi ngga mau bayar mahal dan ngga punya JR Pass juga. silahkan coba shinkasen rute Osaka-Kyoto atau sebaliknya. meskipun kamu cuma ngerasain naik Shinkansen selama 15 menit saja, paling ngga kamu cukup membayar 1,300an yen saja yang kalau dirupiahkan sekitar Rp 150,000an saja.
Tapi kalau segitu masih kemahalan...yaa, foto bareng Shinkansennya aja kalo begitu, gratissss
Buat kamu yang pengen tau info lengkap soal JR Pass, bisa klik http://www.japan-rail-pass.com/jr-pass atau http://www.myjrpass.com/

5. Bus Malam
    Kalau kamu ngga punya JR Pass dan mau berpindah kota, maka trik hemat lainnya adalah dengan menggunakan jasa bus malam. selain lebih murah, kamu juga bisa hemat biaya penginapan (karena menghabiskan waktu semalaman di dalam bus). jangan ngebayangin bus-bus kayak di Indonesia ya....apalagi kopaja hehehe
Bus malam di Jepang sangatlah nyaman dan memang di design supaya penumpang bisa tidur dengan nyaman. perusahaan bus yang menawarkan jasa ini ada banyak. tapi yang memang sering disebut itu biasanya Willer Express http://willerexpress.com/en/
Harga yang ditawarkanpun bervariasi, tergantung fasilitasnya masing-masing
Tertarik buat coba? kenapa engga

6. Datangi tempat wisata gratis
    Gratis! itu adalah satu kata yang paling disukai oleh kita semua. nah, di Jepang itu banyak banget tempat wisata yang gratis. mulai dari kuilnya sampai wisata alamnya. nah, sebagai seorang traveler, pantang donk melewatkan sesuatu yang gratis, apalagi kalau tempatnya juga worth it.
Di jepang, ngga usah khawatir....meskipun gratis, tapi pemandangan yang disajikan ngga main-main loh. contoh aja kalau kamu ke Arashimaya atau Fushimi Inari Shrine di Kyoto....jangan salah, kesitu itu gratisss...cuma ngongkos aja. trus kalo kamu mau berkunjung ke Imperial Palace nya (Kyoto dan Tokyo)...itu juga gratissss, cuma harus daftar dulu.
Jadi dengan mendatangi tempat wisata gratis...ngga usah gengsi!


Nah....itu dia Tips-tips yang bisa gw kasih siapa tau bisa bantu minna-san buat berhemat saat liburan ke Jepang.
Kita berjumpa lagi di topik-topik selanjutnya


No comments:

Post a Comment